11 Tanda-tanda Jika Anda sedang mengalami depresi 

depresi

Depresi (gangguan depresi atau depresi klinis) adalah keadaan suasana hati yang rendah dan keengganan untuk melakukan aktivitas yang dapat mempengaruhi perilaku, perasaan, dan rasa sejahtera seseorang. Ini menyebabkan gejala parah yang mempengaruhi perasaan, pemikiran, dan penanganan aktivitas sehari-hari Anda. Kebanyakan orang terkadang merasa cemas atau tertekan karena situasi dalam hidup mereka.

Namun, keadaan depresi yang terus-menerus dapat menyebabkan keparahan. Menurut penelitian, diperkirakan 19 juta orang dewasa Amerika hidup dengan depresi berat. Namun, Anda tidak harus menggunakan obat-obatan untuk mengatasi depresi.

Merasakan beberapa hal berikut selama minimal 2 minggu dapat mengindikasikan depresi:

  1. Kehilangan minat dalam aktivitas sehari-hari.

Anda tidak lagi terlalu peduli dengan aktivitas sosial, hobi Anda, dan hampir semua hal dalam hidup Anda. Tidak ada yang membawa kesenangan atau kegembiraan bagi Anda.

  1. Perasaan tidak berdaya dan putus asa.

Merasa tidak ada yang akan memberi. Tidak ada yang bisa lebih baik dan semua harapan hilang. Situasi yang mengerikan sepertinya akan bertahan dan tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki situasi.

  1. Membenci diri sendiri.

Anda terus menerus mengkritik diri sendiri karena kesalahan yang dirasakan dan kesalahan sebelumnya. Anda tidak menghargai diri sendiri dan merasa bahwa Anda sendirilah yang harus disalahkan atas situasi yang Anda hadapi.

  1. Kehilangan energi.

Melakukan tugas-tugas terkecil sekalipun terbukti melelahkan. Merasa lelah dan kelelahan fisik sebagian besar waktu dapat mengindikasikan depresi. Aktivitas harian yang Anda lakukan sekarang membutuhkan waktu lebih lama untuk diselesaikan karena kelelahan.

  1. Masalah dalam berkonsentrasi.

Berfokus dan terlibat dengan lingkungan Anda mulai menjadi masalah. Hal ini pada akhirnya menyebabkan masalah dalam membuat keputusan dan mengingat banyak hal. Ketidakmampuan berkonsentrasi dapat menyebabkan penarikan diri pada orang yang depresi.

  1. Perubahan tidur.

Ini melibatkan perubahan drastis pada pola tidur Anda Insomnia atau oversleeping. Anda mengalami masalah tidur atau terlalu banyak tidur. Perubahan pola tidur Anda; merasa mengantuk ketika Anda biasanya bangun pada waktu tertentu. Gejala ini menyebabkan kelelahan yang dapat memperburuk gejala depresi lainnya.

  1. Kecemasan.

Kecemasan adalah perasaan malapetaka yang akan datang, bahkan ketika tidak ada alasan yang dapat dibenarkan. Depresi menyebabkan kecemasan; menjadi tegang tanpa alasan yang jelas atau ancaman yang dapat diidentifikasi.

  1. Iritabilitas.

Mudah frustrasi atau marah, bahkan karena masalah kecil atau tidak penting. Iritabilitas bervariasi dari individu ke individu. Ada juga perbedaan dalam cara pria dan wanita menunjukkan sifat lekas marah dengan beberapa menjadi agresif atau mudah berubah terutama pada pria. Wanita, di sisi lain, merasa marah pada satu saat dan menangis di saat berikutnya.

  1. Penarikan.

Banyak orang menutup diri dari dunia. Beberapa mengunci diri di kamar tidur atau rumah dan memutuskan kontak fisik dengan keluarga dan teman. Mereka mungkin hidup dalam isolasi untuk waktu yang cukup lama hingga berminggu-minggu.

  1. Pikiran untuk bunuh diri.

Merenungkan untuk bunuh diri adalah tanda serius bahwa depresi Anda telah meningkat. Ini harus segera diatasi. Cari pertolongan medis agar dokter memberi Anda perawatan kesehatan mental. Anggota keluarga dan teman harus segera mengambil tindakan jika orang yang dicintai menunjukkan tanda-tanda menyakiti diri sendiri.

Mereka dapat melakukannya dengan; menelepon 911, tetap bersama orang itu sampai bantuan tiba, menyingkirkan apapun yang berbahaya dari cara orang itu. Hubungi National Suicide Prevention Lifeline.

 

  1. Sakit fisik

Meningkatnya keluhan dari gejala fisik seperti sakit punggung masalah pencernaan, terjadi sakit kepala. Ini bahkan terjadi pada anak-anak yang lebih kecil. Kabar baiknya adalah Anda selalu bisa menjadi lebih baik tidak peduli seberapa buruk perasaan situasinya.

Mempelajari tentang depresi dan berbagai cara untuk mengatasinya adalah langkah pertama untuk melewatinya. Memahami depresi dan memiliki keinginan untuk mengatasinya adalah kemenangan yang pasti.

Scroll to top