5 Manfaat Makanan Yang Dipanggang Untuk  Kesehatan 

Makanan yang di panggang

Memiliki barbekyu memang sangat menyenangkan – ini adalah waktu untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga dan teman sambil menikmati makanan dewa yang segar dari panggangan. Tetapi bagian terbaiknya adalah makan makanan panggang sebenarnya bermanfaat bagi kesehatan Anda!

Memasak makanan di atas panggangan lebih sehat dibandingkan dengan makanan yang dimasak menggunakan oven atau kompor. Cari tahu alasannya – berikut adalah 5 manfaat kesehatan utama dari memanggang makanan Anda:

Sayuran menyimpan lebih banyak vitamin dan mineral

Sayuran, terutama yang memiliki kandungan air rendah, mempertahankan lebih banyak vitamin dan mineralnya saat dimasak diatas api di atas panggangan. Selain itu, selama barbekyu, sayuran yang Anda masak biasanya segar dan sesuai musim, yang lebih baik daripada varietas kalengan.

Pastikan untuk membungkus produk dengan kertas timah atau menggunakan parutan agar tetap lembab dan tidak gosong, sehingga mengeringkannya.

Daging mempertahankan lebih banyak nutrisi

Sama seperti produk segar, semua jenis daging yang dimasak di atas bara api juga mempertahankan sebagian besar kelembaban dan nutrisinya. Daging yang dimasak di atas api membantu menjaga kandungan riboflavin dan tiaminnya, yang keduanya memainkan peran penting dalam diet sehat.

Anda menggunakan lebih sedikit minyak atau mentega

Dalam menggoreng atau memasak menggunakan oven, kita menggunakan minyak atau mentega untuk membantu menjaga kelembapan makanan saat terkena panas. Dan karena makanan yang dimasak menggunakan panggangan mengunci lebih banyak kelembapan, Anda cenderung tidak akan menambahkan minyak atau menggunakan mentega dan bumbu lainnya untuk memasak makanan Anda.

Ini tidak hanya berarti Anda menurunkan jumlah kalori dari makanan tersebut tetapi Anda juga mengurangi hal-hal yang tidak sehat di tubuh Anda.

Anda mengonsumsi lebih sedikit lemak

Pikirkan tentang memasak sepotong daging berlemak – satu di atas panggangan dan satu lagi di wajan. Lemak berlebih menetes dari tungku saat Anda memanggang, tetapi dalam wajan, lemak tidak bisa kemana-mana dan akhirnya diserap kembali oleh daging.

Anda mendapatkan udara segar

Semua orang tahu bahwa mendapatkan sinar matahari dan udara segar memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Tindakan sederhana menghabiskan waktu di luar, bahkan hanya di halaman belakang Anda, akan membantu Anda. Fakta bahwa Anda berada di luar, terutama dengan teman atau keluarga, mendorong aktivitas fisik – banyak orang tua yang melempar bola atau bermain game dengan anak-anak mereka sambil memanggang.

Scroll to top