Inilah Beberapa Perbedaan Antara Macan Tutul dan Jaguar

Macan Tutul

Kucing besar adalah salah satu spesies yang paling menarik di dunia alami dan sering dianggap sebagai pengalaman ‘daftar member’ untuk dapat mengamati hewan-hewan luar biasa ini di habitat aslinya.

Panthera onca, alias Jaguar, adalah salah satu penampakan yang paling dicari, sebagian besar karena perilakunya yang sangat rahasia. Bagi mereka yang diberi hak istimewa untuk memulai tur Jaguar yang terorganisir ke Amerika Selatan atau Tengah, sensasi yang paling nyata.

Mempelajari sebanyak mungkin tentang spesies sebelumnya hanya berfungsi untuk meningkatkan pengalaman tur Jaguar dan memahami perbedaan antara Panthera onca dan kerabatnya Panthera pardus, Leopard, adalah kuncinya. Meskipun keduanya sering bingung, mereka memiliki beberapa poin perbedaan yang cukup mudah diidentifikasi.

Never the Twain Harus Bertemu

Poin pertama yang perlu diperhatikan adalah bahwa, meskipun berbagi genus Panthera, kedua kucing besar tidak boleh keliru di alam liar, karena mereka mendiami wilayah yang sama sekali berbeda. Macan tutul jauh lebih luas dan dapat ditemukan di seluruh Asia dan Afrika, tetapi ada alasan pecinta alam hanya dapat melakukan tur Jaguar di Amerika Tengah dan Selatan, karena ini adalah satu-satunya tempat spesies itu ada di alam liar.

Temukan Perbedaan

Macan tutul adalah yang lebih kecil dari keduanya dan struktur tubuhnya berbeda, dengan kaki yang lebih pendek, kepala yang lebih kecil dan ekor yang lebih panjang secara proporsional. Bintik-bintik mereka, atau ‘mawar’, juga jauh lebih kecil dan lebih rapat pada tubuh. Meskipun mantel kedua binatang dapat berwarna keemasan atau hitam (dikenal sebagai melanistik), mawar Jaguar memiliki tempat sentral di dalam setiap tempat.

Perburuan dan Perilaku

Ada banyak hal yang dimiliki oleh kedua kucing besar itu selain dari genusnya, yang meliputi kecakapan berburu, kekuatan, dan stamina yang hebat. Namun, Panthera onca adalah raja hutan dan merupakan predator puncak habitatnya, mampu menghancurkan tengkorak mangsanya dengan satu gigitan kuat. Di Afrika dan Asia, macan tutul memiliki lebih banyak untuk bersaing dalam hal persaingan dan ancaman, termasuk beruang, hyena, anjing liar dan spesies kucing besar lainnya.

Meskipun merupakan (sedikit) lebih kecil dan lebih ringan dari dua spesies, macan tutul keluar di atas dalam kecerdasan, dan memiliki kekuatan dan kelincahan untuk memanjat pohon secara vertikal dengan bangkai mangsa yang melebihi berat tubuhnya sendiri. Sementara kedua kucing besar itu adalah perenang yang sangat baik, Panthera onca aktif menikmati air, sementara Leopard hanya akan benar-benar masuk jika perlu.

Lihat Perbedaan pada Macan Tutul atau Tur Jaguar

Karena habitatnya yang berbeda, tidak mungkin membandingkan dua kucing besar di alam liar. Namun, mereka yang memiliki keinginan untuk melihat satu atau yang lain dapat menikmati pengalaman seumur hidup dalam tur kehidupan liar yang terorganisir ke Asia, Afrika atau Amerika Tengah dan Selatan. Bepergian dengan perusahaan perjalanan yang bertanggung jawab dan ramah lingkungan akan memastikan peluang terbaik untuk banyak penampakan, dengan dampak paling kecil terhadap satwa liar dan habitatnya.

Scroll to top