Tips Bermanfaat Untuk Membantu Anda Menulis dan Menerbitkan Buku

Menerbitkan buku

Apakah Anda punya ide bagus untuk sebuah buku? Hebat! Berikut adalah beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum dan sesudah Anda menulis naskah Anda.

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda mulai menulis cerita Anda:

Tentukan apa yang ingin Anda tulis. Kenali audiens Anda. Apakah buku Anda ditujukan untuk orang dewasa, dewasa muda, anak-anak atau semua kelompok umur?

Teliti jumlah halaman yang berisi buku-buku terlaris, dalam genre Anda. Ini memberi Anda gambaran tentang berapa halaman buku Anda.

Putuskan apakah Anda ingin membuat garis besar. Ini dapat membantu Anda dengan format bab. Perlu diingat bahwa tidak semua penulis menulis garis besar.

Cari tahu tentang elemen cerita yang bagus. Elemen-elemen tersebut adalah karakter, setting, plot, konflik dan tema. Di dalam plot ada pendahuluan, aksi naik, klimaks, aksi turun dan resolusi. Buku Harry Potter mengandung elemen-elemen ini. Informasi ini dapat dengan mudah ditemukan di internet.

Bersenang-senanglah dengan elemen cerita. Katakanlah Anda tahu bagaimana Anda ingin cerita itu berakhir. Kemudian mulailah dengan menulis akhir cerita. Siapa bilang kamu harus mulai dari awal! Hal utama adalah mulai menulis.

Tulislah setiap hari.

Tulislah karena itu membuat Anda bahagia.

Ingatlah bahwa draf pertama Anda bukanlah draf akhir Anda.

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan ketika naskah Anda selesai:

  • a) Mengedit

Pembaca mungkin berhenti membaca buku yang penuh kesalahan. Minta naskah Anda diedit secara profesional.

Ada tiga jenis pengeditan

Pengeditan substantif (perkembangan): Jenis pengeditan ini melihat pada struktur dan organisasi cerita.

Pengeditan salinan: Jenis pengeditan ini melihat pada tata bahasa, penggunaan kata-kata, dan pengulangan.

Proofreading: Jenis pengeditan ini melihat kesalahan ejaan dan tanda baca.

Jika Anda tidak yakin jenis pengeditan manuskrip Anda perlu berkonsultasi dengan profesional

  • b) Jenis penerbit

Penerbit tradisional: Sebagian besar penerbit tradisional hanya akan melihat manuskrip Anda jika diberikan oleh agen sastra. Seringkali sulit mendapatkan agen sastra. Lakukan riset dan hubungi agen sastra yang menangani buku-buku dalam genre Anda. Ingatlah bahwa mereka sangat sibuk.

Penerbit mandiri: Tidak semua penerbit mandiri memiliki tingkat keahlian yang sama. Jika penerbit mandiri ingin menerbitkan manuskrip Anda (dengan biaya tertentu) tanpa manuskrip bebas dari kesalahan ejaan, dll., Jangan gunakan. Mereka hanya menginginkan uang Anda. Hubungi beberapa penerbit mandiri dan bicaralah dengan mereka. Lihat ulasan mereka.

Terbitkan sendiri Ebook: Teliti bagaimana Anda dapat menggunakan Amazon Kindle Direct Publishing. Apakah ada biaya yang harus dikeluarkan?

  • c) Pentingnya perlindungan profesional

Sampul buku inilah yang membuat audiens target Anda ingin memilih buku Anda .. Buatlah agar menonjol.

Jika Anda berencana untuk menulis sekuel daripada mempertimbangkan bagaimana Anda bisa membuat sampul buku Anda serupa tetapi dengan judul yang berbeda. Kembangkan merek yang unik milik Anda.

Yang terpenting, nikmati prosesnya! Pembaca menunggu untuk membaca cerita Anda!

Scroll to top