Tips Mudah Untuk Memulai Beternak Kelinci Di Peternakan

Ternak kelinci

Bibit harus dipilih ketika mereka mencapai usia 4 sampai 5 bulan. Peternak harus dipilih dari serasah terbesar. Pada pria, sangat penting untuk melihat keberadaan dua testis di skrotum saat testis turun dari rongga tubuh pada usia 12 minggu.

  1. Jenis reproduksi ekstensif

Praktik penyapihan disini adalah 5 sampai 6 minggu dan perkembangbiakan kembali segera setelah penyapihan. Oleh karena itu, dikawinkan setiap 2,5 bulan sekali. Ini paling cocok untuk negara tropis seperti India.

  1. Reproduksi semi intensif

Penyapihan dilakukan pada usia 4-5 minggu. Pembiakan dilakukan setelah 10-20 hari setelah kayu bakar.

  1. Reproduksi intensif

Menyapih dilakukan pada usia 4 minggu. Perkawinan dilakukan segera setelah kayu bakar. Biasanya praktik ini diikuti di negara-negara barat.

Selalu betina harus dimasukkan ke kandang jantan untuk menghindari perkelahian. Perkawinan harus dilakukan selama bagian paling keren dari hari itu seperti pagi atau sore hari. Setelah berhasil kawin, pejantan biasanya mengeluarkan suara tangis khas dan jatuh di satu sisi betina.

Segera setelah kawin, yang jantan harus dikeluarkan dari kandang. Laki-laki tidak boleh lebih dari 3 sampai 4 hari dalam seminggu dan tidak lebih dari 2 sampai 3 kali dalam sehari. Perbandingan pria dan wanita adalah 1:10. Kedua jenis kelamin harus mencapai 70% dari berat badan orang dewasa.

Musim kawin hampir sepanjang tahun. Namun di India, tekanan musim gugur ditemui selama cuaca panas.

Tanda-tanda panas pada wanita

  1. Gelisah, menggosok dagu pada sisi-sisi kandang.
  2. Berbaring dalam postur kawin
  3. Mereka adalah ovulatoar spontan. Ovulasi dimulai 10 jam setelah kawin.
  4. Dalam panas, kelinci betina menerima jantan, jika tidak maka menolak.
  5. Dalam cuaca panas, betina melakukan pose khas yang disebut “lordosis” dimana punggung melengkung ke bawah dan bagian belakang diangkat.
  6. Betina dalam fag di-estrous berjongkok di sudut kandang.
  7. Setelah pembibitan (nifas), perkembangbiakan dilakukan setelah satu minggu dalam pengelolaan intensif. Tapi biasanya perkawinan kembali ditunjukkan satu minggu sebelum penyapihan.
  8. Saat suhu naik di atas 36 derajat celcius, terjadi kemandulan sementara.

Energi yang dapat dicerna (MJ / Kg),% Lemak,% Protein Kasar,% Serat Kasar untuk breeding stock masing-masing adalah 9.2, 3, 15-16 dan 13. Betina harus diperiksa untuk penyakit pernapasan sebelum kawin.

Scroll to top