Tips Yang Dapat Dilakukan Untuk Mengurangi Risiko Katarak

Resiko katarak

Katarak adalah kondisi mata yang disebabkan oleh pengapuran lensa kristal. Mata memiliki lensa alami yang memfokuskan cahaya pada retina. Saat lensa matang, lensa menjadi lebih padat dan lebih buram. Ini menghalangi cahaya melewati lensa. Katarak sangat umum terjadi pada siapa saja yang berusia di atas 40 tahun dan dapat menyebabkan kebutaan jika tidak ditangani.

Faktor Risiko Katarak

Item berikut meningkatkan risiko Anda terkena katarak:

  • Bertambahnya usia
  • Diabetes
  • Paparan sinar matahari yang berlebihan
  • Merokok
  • Kegemukan
  • Tekanan darah tinggi
  • Cedera atau peradangan mata sebelumnya
  • Operasi mata sebelumnya
  • Penggunaan obat kortikosteroid dalam waktu lama
  • Minum alkohol dalam jumlah berlebihan
  • Pencegahan Katarak

Seperti yang Anda lihat, beberapa hal diketahui berkontribusi pada perkembangan katarak. Tapi, bukan berarti katarak bisa dicegah. Faktanya, beberapa faktor risiko utama, termasuk usia dan beberapa kondisi medis berada di luar kendali Anda. Tetap saja, mengambil langkah-langkah cerdas yang dapat memperlambat perkembangan katarak.

Kelola Masalah Kesehatan

Masalah kesehatan tertentu, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi dapat berkontribusi pada perkembangan katarak. Jika Anda memiliki masalah kesehatan kronis, sangat penting untuk menjaga kondisi Anda tetap terkendali. Ambil obat yang diresepkan dan ikuti petunjuk yang diberikan oleh dokter Anda.

Perhatikan Diet Anda

Makanan memainkan peran penting dalam kesehatan mata Anda secara keseluruhan. Pola makan yang sehat dan berat badan yang sehat dapat membantu memastikan mata Anda tetap sehat dan berfungsi selama mungkin. Makanan kaya antioksidan dan glutathione seperti brokoli, bayam, alpukat, dan jeruk bali semuanya bagus untuk kesehatan mata.

Hindari Merokok & Alkohol

Merokok dan bentuk tembakau lainnya, serta mengonsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan, dikaitkan dengan risiko katarak yang lebih tinggi. Merokok saja dapat menyebabkan masalah kardiovaskular, yang dapat menyebabkan masalah pada pembuluh darah mata Anda.

Lindungi Mata Anda

Kacamata hitam bukanlah aksesori opsional; mereka adalah resep penting untuk kesehatan mata. Kacamata hitam membantu Anda menyaring cahaya dan melindungi mata Anda dari sinar UV yang merusak. Sebaiknya kenakan kacamata hitam pelindung setiap kali Anda berada di luar saat siang hari, tidak hanya saat matahari sangat cerah atau bersinar pada sudut yang mengganggu penglihatan Anda.

Kunjungi Dokter Mata Anda Setiap Tahun

Meskipun ini tidak akan mencegah katarak, ini dapat membantu Anda mengelola kondisinya dengan lebih baik. Selain itu, dokter mata Anda akan memeriksa penyakit seperti degenerasi makula dan glaukoma, yang mungkin memerlukan perawatan rumit jika Anda menderita katarak.

Scroll to top